Transjakarta, Kenapa harus buatan luar???

Bis Tingkat 80an
Bis Tingkat 80an

RibuNews: Masih adakah yang ingat tentang bis tingkat seperti di atas?? Ya, saya masih jelas ingat dengan kenang-kenangan bis tingkat yang dulu banyak lalu lalang di kawasan Surabaya yang pada saat itu klo tidak salah Terminalnya masih di lokasi yang saat ini telah menjadi Masjid Pelabuhan Ferry di Tanjung Perak Surabaya.

Bis tingkat tersebut sempat populer di tahun 80an – 90an, tapi ntah kenapa alasannya bis tingkat ini hilang di telan bumi. Akan tetapi di Solo Jawa Tengah, Bis tingkat ini (Double Decker) bisa kita jumpai lagi. Tapi bukan sebagai Bis Transpot Umum, Bis ini lebih digunakan ke Bis Pariwisata. Werkudara… Ya itulah nama Bis tingkat itu. Nama Werkudara sendiri diambil dari salah satu lima tokoh Pandawa dalam dunia pewayangan, dengan sosok tokoh pewayangan Werkudara yang berperawakan tinggi besar sepertinya nama Werkudara memang cocok dipakai oleh bus ini.

bus tingkat Produksi Maxi-Miracle
bus tingkat Produksi Maxi-Miracle

Yang menjadi Bis Werkudara ini lebih spesial adalah Bis ini asli buatan anak Negeri. Selain Bis Werkudara, sesaat lagi bis tingkat yang lainnya akan berlalu lalang di jakarta sebagai bis Pariwisata. Bus yang dapat membawa wisatawan secara rombongan, baik dari manca negara maupun lokal ini memiliki fasiltas yang menakjubkan. Bahkan setara dengan pesawat terbang Boeing 737. Semua itu demi kenyamanan penumpangnya. Bus wisata ini dibuat oleh PT. Karoseri Nusantara Gemilang (KNG) melalui produknya yang diberi nama Maxi Miracle. Bus wisata ini baru diuji coba dari Jakarta-Sentul. Mobil bus yang memiliki 2 lantai ini didesain menggunakan interior buatan Indonesia dengan menawarkan kabin yang lega, fasilitas entertainment terbaik dengan layanan dan kenyamanan kelas VIP.

tempat duduk Bis buatan maxi miracle
tempat duduk Bis buatan maxi miracle

Bus tingkat Maxi Mircle terlihat lebih panjang dan tinggi dari bus antar kota yang beroperasi di Indonesia. Menurut General Manager KGN, T. Indarto, bodi bus tingkat ini memiliki panjang 13,5 m, tinggi 3,96 m dan lebar 2,5 m, dibuat di atas sasis R73 MAN, asal Jerman. Salah satu kelebihannya adalah ruang kabin lebih luas, untuk lantai atas dan bawah.

Lounge Maxi-Miracle
Lounge Maxi-Miracle

Bus ini memiliki fasilitas seperti hotel, saat pertama kali masuk bus, penumpang akan langsung berada di area “lounge”. Tata ruangnya didesain mirip ruang tamu, berikut sofa besar berlapis kulit sintesis, TV, pemutar CD/DVD, dapur ringkas, dan WC. “Di sini penumpang bisa melepas ras jenuh, bercengkrama sambil berkaraoke. Seluruh ruang penumpang terpisah dari kabin pengemudi. Untuk jalur komunikasi dilakukan lewat interkom.

Lantai atas
Lantai atas
Fasilitas LCD atau Home Teater di setiap kursi penumpang
Fasilitas LCD atau Home Teater di setiap kursi penumpang

Well… Apakah Foto-Foto Bis Tingkat di atas yang notabene buatan Asli Anak Negeri masih kurang meyakinkan jika dibandingkan dengan Bis Transjakarta yang saat ini banyak bermasalah?? Hmmm sepertinya Pemerintah masih mempunyai Prinsip Abroad Branded…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s